loading...
Pada saat temperatur mesin masih rendah, biasanya putaran mesin tidak stabil (kasar) lebih parah lagi sering mati sendiri. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang masuk ke silinder tidak mencukupi, yang disebabkan karena bahan bakar penguapannya tidak maksimal dan bahan bakar menempel pada intake manifold.
Untuk mengatasinya dibuatlah sistem cuk yang akan memperkaya campuran hingga 1 : 1.
Selain perlu ditambah pasokan bahan bakar, putaran mesin juga perlu dinaikkan.
Dan yang menaikkan putaran mesin pada kondisi seperti ini adalah fast idle mechanism. Bagaimana cara kerja fast idle mechanism ini, berikut adalah penjelasannya : Apabila mesin dihidupkan pertama kali (temperatur rendah) seperti pada pagi hari, dan katup cuk masih tertutup. Kemudian pengemudi menekan gas kemudian melepasnya, maka pada saat yang sama fast idle cam yang dihubungkan dengan katup cuk oleh rod (batang penghubung) akan berputar berlawanan arah dengan putaran jarum jam.
Fast Idle Mechanism pada Karburator |
Sumber: Bisaotomotif.com