Fungsi dan kontruksi receiver / dryer pada ac mobil

loading...
Ini Fungsi Receiver/Dryer pada Sistem AC Mobil - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas bersama sama tentang fungsi dan kontruksi dari kondensor ac mobil. Setelah itu, kami akan mencoba menjelaskan kepada anda semua tentang fungsi dan kontruksi receiver/dryer pada sistem ac mobil. Oke, untuk memulainya kita ketahui terlebih dahulu apa itu receiver dryer dan fungsinya.

Pada sirkulasi refrigerant pada ac mobil, refrigerant setelah dikompresi oleh kompresor, akan menuju ke kondensor untuk didinginkan. Sehingga refrigerant akan mengalami perubahan wujud yakni dari gas menjadi cari yang disebut dengan kondensasi.

Refrigerant yang telah mengalami kondensasi ini kemudian akan menuju ke receiver/dryer, untuk ditampung sementara, disaring dang dipisahkan dari air.

Fungsi receiver/dryer pada sistem ac mobil


Yang perlu anda ketahui adalah bahwa receiver/dryer pada ac mobil memiliki dua buah fungsi terhadap refrigerant yang telah melalui dan mencair (kondensasi) dari kondensor. Apa sajakah fungsinya? Berikut ini kami sebutkan dan jelaskan sedikit.

#Fungsi receiver/drywr yang pertama
Fungsi pertama adalah untuk menyaring refrigeran dari kotoran yang dapat menghambat sirkulasi ac mobil. Komponen pada receiver/dryer yang bertugas untuk menyaring kotoran adalah filter.

#Fungsi receiver/dryer yang kedua
Selain terdapat filter, receiver/dryer juga terdapat desiccant. Desicant inilah yang berguna untuk memisahkan uap air dari refrigerant. Uap air harus dihilangkan dari refrigerant karena nantinya dapat membeku dan menhambat sirkulasi refrigerant, sehingga ac mobil tidak dingin.

Kesimpulannya terdapat dua fungsi dari receiver/dryer yaitu menyaring dari kotoran, dan memisahkan uap air dari refrigerant.

Kontruksi dari receiver/dryer

Kontruksi dari receiver/dryer dapat anda lihat pada gambar dibawah ini. Terlihat terdapat setidaknya 5 komponen utama receiver/dryer. Komponen no 3 adalah sight glass atau dalam bahasa Indonesianya disebut juga dengan kaca pengintai, fungsinya untuk memeriksa jumlah refrigerant dengan menganalisa yang tampak dari sight glass ini.
Fungsi dan kontruksi receiver / dryer pada ac mobil
Fungsi dan kontruksi receiver / dryer pada ac mobil

Keterangan Gambar :
1. Tutup Pengaman
2. Saklar Pengaman
3. Sight Glass (Kaca Pengintai)
4. Filter Penyaring
5. Sel Silca (Desiccant)

O iya ngomong-ngomong tentang kaca pengintai atau sight glass ini. Sight glass ini tidak selalu berada di receiver/dryer, saya sering menemukan sight glass ini pada saluran pipa refrigerant dan bukan berada diatas receiver/dryer, tetapi dimanampun tempatnya fungsinya adalah sama saja.
Sumber: www.bisaotomotif.com
loading...
Back To Top