Perbedaan dan Perbandingan Aki Kering dengan Aki Basah

Perbedaan dan Perbandingan Aki Kering dengan Aki Basah - Salah satu komponen pada kelistrikan mobil adalah aki, aki ini berfungsi sebagai penyimpan arus listrik dan sebagai sumber arus ketika mobil pertama kali dihidupan. Dengan kata lain tanpa baterai maka starter tidak dapat berputar dan menghidupkan mobil. Aki atau baterai juga dapat menjadi sumber listrik ketika mobil dalam keadaan mati. Karena ketika mesin sudah hidup peran aki digantikan oleh sistem pengisian atau charging system.

Aki atau baterai yang kita kenal ada dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut ini bisaotomotif.com share tentang perbandingan antara aki kering dan aki basah.

Lihat juga: 7-cara-dan-tips-merawat-aki-baterai

Perbedaan aki kering dan aki basah dilihat dari segi tampilannya sangat mencolok, aki yang basah mempunyai kotak bagian samping yang agak transparan, sehingga dapat melihat jumlah elektrolit yang berada di dalamnya. Aki yang basah juga dilengkapi dengan garis di lower lever dan upper level sebagai tanda dalam melakukan pengisian elektrolit baterai. Jadi ketika mengisi elektrolit baterai, di isi sampai gari upper lever atau minimal berada diantara lower lever dan upper level. Pada aki basah juga ada tutup sel yang umumnya jumlahnya ada 6 buah. 

Perbandingan aki kering dan aki basah
Perbandingan aki kering dan aki basah
Sementara itu pada aki kering kotak baterai biasanya gelap, dan tidak terdapat tutp sel seperti pada aki basah. Lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini :

Perbandingan aki kering dan aki basah

Kita bisa membedakan kedua jenis aki dari berbagai hal, mulai dari segi harga, kualitas, perawatan, dan usia pakai. 

1. Perbandingan aki basah dan aki kering dilihat dari segi harga

Dari segi harga, kedua aki dengan amper yang sama harganya berbeda. Beda merk pun harganya juga berbeda. Tapi yang pasti adalah harga aki kering sedikit lebih mahal dibandingkan dengan aki basah, mungkin karena ada beberapa kelebihan yang dimilikinya. Dari segi harga, kita nyatakan aki basah lebih murah.

2. Perbandingan aki basah dan aki kering dilihat dari segi perawatan

Dari segi perawatan aki kering pemenangnya, karena aki kering ini minim perawatan dapat juga dikatakan tanpa perawatan. Sehingga aki kering sering disebut juga dengan aki free maintanace. Mungkin ini sebabnya aki kering lebih mahal dibandingkan dengan aki basah.

Kemudian untuk aki basah, ada perawatan yang harus anda lakukan diantaranya adalah selalu rutin memeriksa jumlah elektrolit bateri dan bila kurang harus menambahnya dengan air aki (air suling) bukan accu zuur (H2SO4). Coba deh baca artikel ini : 7 Cara dan tips merawat aki mobil agar awet

3. Perbandingan aki basah dan aki kering dari segi kualitas

Dari segi kualitas mungkin keduanya hampir sama, perbedaan paling mencolok dari kedua aki adalah pada perawatannya.

4. Perbandingan aki kering dan aki basah dari segi usia pakai

Dari segi usia pakaipun kedua aki juga hampir sama, pada intinya semakin baik perawatannya maka aki akan semakin awet. Bisa jadi aki basah bila dirawat dengan baik akan lebih lama usia pakainya, dan sebaliknya apabila aki basah tidak dilakukan perawatan maka usia pakai aki bisa lebih rendah daripada aki kering.

Usia pakai sebuah aki rata-rata 2-3 tahun melebihi dari itu berarti sudah sangat baik. Tapi kalau aki usia pakainya hanya dibawah 1,5 tahun berarti ada masalah yang harus anda cari dan perbaiki. Kemungkinan besar terjadi pada sistem pengisiannya, pemakaian yang sembarangan dan tidak dilakukannya perawatan.


Sudah tahukan sekarang perbedaan dan perbandingan aki kering dengan aki basah.(www.bisaotomotif.com)

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Custom Search