Ketahui 4 Penyebab Utama Rem Bunyi

4 Penyebab Utama Rem Mobil dan Motor Bunyi -  Rem merupakan hal yang sangat vital yang ada pada suatu kendaraan, baik motor maupun mobil. Tanpa adanya rem tentu kita akan membuat kita menjadi takut, pastinya tidak ada yang berani melaju dengan kecepatan tinggi apabila remnya blong atau tidak ada rem sama sekali. Banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh sistem rem yang bermasalah. Salah satu indikasi rem bermasalah adalah timbul bunyi atau suara, lalu apa sajakah penyebab rem mobil dan motor bunyi? Berikut ini kami sebutkan beberapa penyebabnya?

1. Kanvas rem aus - sebab rem mobil dan motor bunyi

Penyebab rem mobil atau motor bunyi yang pertama adalah kanvas rem aus, ini terjadi apabila pad (kanvas rem) (pada rem cakram) benar-benar sudah habis sehingga membuat cakram bersentuhan dengan besi pada pad.  Pada rem tromol juga demikian, bila kampas rem sudah habis maka tromol akan bersentuhan dengan besi pada sepatu rem. Terlebih lagi pada rem cakram yang sudah dilengkapi dengan plat anti cit-cit, plat tersebut akan berbunyi ketika kamvas rem sudah melebihi batas minimal. Bunyi yang dihasilkan dari gesekan antara plat dengan cakramnya. Bila rem anda sudah berbunyi cit-cit, sebaiknya langsung diperiksakan ke bengkel mobil langganan anda. Kalau lebih aman, sebaiknya periksa sistem rem secara berkala, bisa bersamaan dengan tune up ringan.

2. Cakram dan tromol rem tidak rata - sebab rem mobil dan motor bunyi

Selain karena kanvas rem yang sudah aus, rem bunyi juga disebabkan karena masalah pada cakramnya, atau jika pada rem yang menggunakan rem tromol maka ketidak rataan pada tromol rem akan membuat bunyi abnormal. Ini akan terjadi bila ketidaraat sudah sangat parah, selain menimbulkan bunyi yang abnormal juga akan menimbulkan getaran pada saat melakukan pengereman. Solusi dari permukaan cakram yang tidak rata adalah dengan diratakan atau biasa disebut dengan di bubut. Bila sudah terlalu tips, maka langkah yang paling tepat adalah dengan menggantinya.

Rem Bunyi? Ini penyebabnya
Rem Bunyi? Ini penyebabnya


3. Rem kotor
Kotoran yang terdapat pada rem juga akan menimbulkan bunyi, terlebih lagi apabila kotoran yang masuk berukuran agak besar seperti kerikil atau yang lainnya. Kerikil ini akan masuk dan membuat bunyi pada rem. Yang saya baca di berbagai media online, debu yang sudah lama menumpuk di sistem rem akan mengeras dan akhirnya akan membuat suatu lapisan di permukaan kanvas rem dan cakram/tromol rem. Sehingga menyebabkan timbulnya suara abnormal ketika rem diinjak. Untuk memperbaikinya biasanya dilakukan pembongkaran, servis dan pembersihan.

4. Rem macet
Setelah mengetahui 3 penyebab rem bunyi, kita lanjut ke penyebab rem bunyi yang ke-empat yaitu rem macet. Kondisi rem yang macet biasanya diakibatkan oleh piston rem yang berkarat sehingga tidak dapat bergerak alias macet. Ini berakibat pada saat peda rem diinjak, akan membuat kanvas rem tidak menekan cakram dan tromol rem, apabila piston ini macet pada saat pengereman atau pada saat kanvas rem bersentuhan dengan cakram dan tromol rem tentunya akan tercipta bunyi yang terus menerus meskipun pedal rem sudah tidak di injak. Kerusakan yang semacam ini dapat dilakukan dengan penggantian karet piston rem dan membersihkan piston rem.

Rem pada kendaraan merupakan sistem yang sangat vital, karena ini menyangkut keamanan ketika berkendara. Banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem rem yang bermasalah, seperti rem bloNg, dan lain sebagainya. Maka dari itu sudah seharusnya kita memperhatikan sistem yang satu ini, apabila ditemukan permasalahan pada sistem rem seperti rem tidak pakem, rem bunyi dll maka lebih baik di bawa kebengkel untuk dilakukan perbaikan atau perawatan berkala.

Sumber: bisaotomotif.com

Comments