Fungsi lampu ruangan pada mobil

Fungsi lampu ruangan pada mobil - Terdapat banyak lampu yang terdapat pada mobil, lampu lampu tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda misalkan saja lampu rem, pasti fungsinya adalah untuk memberikan isyarat kepada pengemudi dibelakangnya bahwa mobil tersebut sedang mengerem.

Salah satu lampu yang tidak boleh dilupakan adalah lampu ruangan atau biasa disebut dengan lampu kabin, lampu ruangan umumnya terletak didalam kabin dan berada di bagian tengah mobil. Pada sebagian mobil lampu ruangan tidak hanya terdapat satu, tetapi dua yaitu di tengah dan dibelakangnya.

Sesuai dengan namanya, lampu ruangan ini berfungsi untuk menerangi interior atau menerangi ruang penumpang pada saat malam hari sehingga tidak kegelapan di dalam mobil.

Fungsi lampu ruangan pada mobil
Fungsi lampu ruangan pada mobil

Lampu ruangan ini didesain agar tidak menyilaukan pengemudi, lampu ruangan biasanya tidak dihidupkan ketika mobil sedang berjalan, alasanny adalah agar tidak membuat pengemudi yang berpapasan tidak silau. Sehingga lampu ini biasanya dihidupkan ketika kendaraan berhenti.

Alasan lampu ruangan diletakkan dibagian tengah adalah agar lampu ruangan ini dapat menyebar merata menerangi bagian dalam mobil.

Lampu ruangan ini dapat anda hidupkan dengan mengoperasikan saklar atau switch, umumnya ada 3 posisi saklar lampu ruangan yaitu posisi ON, DOOR dan OFF. Pada posisi OFF lampu ruangan akan mati, pada posisi ON lampu ruangan akan hidup, dan pada posisi DOOR lampu ruangan akan hidup ketika pintu terbuka.

Sumber: bisaotomotif.com

Comments