Fungsi Air Vent Tube Pada Karburator

Pada saat memahami sistem kerja karburator khusunya pada sistem pelampung, anda akan melihat gambar kerja yang mana pada gambar tersebut terdapat komponen yang disebut dengan air vent tube. Air vent tube ini dari ruang pelampung dan ujungnya berada di air horn. Lalu apa sih fungsi dari air ventube itu? Berikut ini kami jelaskan  :

Fungsi dari air vent tube adalah untuk Menstabilkan tekanan pada batas permukaan bensin agar tetap/konstan, atau agar tekanan yang berada di ruang pelampung sama dengan tekanan yang berada di air horn sehingga bahan bakar dapat mengalir dari ruang pelampung ke venturi yang tekanannya lebih rendah.

Jumlah bahan bakar yang keluar dari main nozzle ditentukan oleh perbedaan antara tekanan udara yang berada di venturi (A) dengan tekanan udara berada di dalam ruang pelampung.

Fungsi Air Ven Tube Pada Karburator
Fungsi Air Ven Tube Pada Karburator


Maka dari itu jumlah bahan bakar yang disalurkan ke venturi melalui main nozzle tergantung pada besarnya vakum yang terjadi di dalam venturi, maka dari itu tekanan yang berada air horn (C) dengan ruang pelampung (B) harus sama. tekanan udara di dalam air horn C dan di dalam ruang pelampung B diusahakan agar sama. 

Apabila air vent tube dan juga saringan udara ini tersumbat, maka tekanan udara yang berada di air horn akan menjadi rendah apabila dibandingkan dengan tekanan yang berada di dalam ruang pelampung. Hal ini membuat bahan bakar yang keluar dari main nozzle menjadi bertambah, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk. Tentu ini sangat merugikan, disamping lebih boros tenaga mesin juga kurang maksimal. Jadi ketika melakukan pembongkaran karburator, jangan lupa periksa air vent tubenya, OK!.

Kemudian apabila air horn terjadi kebocoran (kendor atau rusak perpaknya) maka akan membuat tekanan yang berada atsmosfir (udara keluar). Ini akan membuat jumlah bahan bakar yang dikirim oleh main nozzle akan bertambah dan campuranpun akan menjadi gemuk.
Sumber: www.BisaOtomotif.com

Comments