Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi

Berapa Lamakah Memanaskan Mesin Motor Injeksi - Memanaskan mesin merupakan langkah yang biasa dilakukan oleh sebagian orang, memang baik itu mobil atau motor sangat perlu dilakukan pemanasan. Tujuannya adalah agar mesin dalam temperatur kerja, sehingga siap untuk jalan. Tapi untuk motor injeksi dengan motor yang dulu berbeda sedikit terkait lamanya dalam memanaskan mesin. Lalu berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan mesin motor kita? Berikut bisaotomotif.com merangkumnya dalam waktu memanaskan mesin motor injeksi.

Sebenarnya untuk memanaskan mesin motor injeksi tidak perlu lama-lama cukup 30 detik saja. Mengapa singkat, berikut adalah alasan mengapa memanaskan mesin motor injeksi tidak perlu lama-lama :

#Sistem bahan bakar sudah canggih - Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi

Sebelumnya, kita perlu tahu dulu bahwa motor injeksi sebenarnya sudah dilengkapi dengan sensor-sensor canggih, yang mana sensor tersebut akan mengirimkan sinyal kepada ecu. Dan ecu akan memprosesnya dan dikirim ke actuator. Tentu saja kondisi pada saat mesin panas dengan kondisi pada saat mesin dingin berbeda, dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor (actuator) akan menyesuaikan dengan suhu mesin. Jadi pada mesin motor injeksi, urusan bahan bakar sudah diatur oleh ecu sesuai dengan kebutuhan mesin. Bahkan sebenarnya, memanaskan mesin motor injeksi selama 10 detik pun sudah cukup.

Berbeda jika dengan motor yang masih menggunakan karburator, biasanya motor yang menggunakan karburator akan sulit hidup untuk pertama kalinya, dan jika sudah hiduppun kadang-kadang mesin mati sendiri atau agak mbrebet sedikit. Dan itu normal, karena dikarenakan suhu mesin dan sekitarnya masih dingin. Bila sudah sampai temperatur kerja, mesin akan bekerja normal kembali.

Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi
Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi

#Oli sudah naik - Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi

Memanaskan mesin motor injeksi selama 30 - 60 detik, sudah membuat oli mesin bersirkulasi untuk melumasi komponen-komponen mesin yang bergerak, sehingga motor sudah siap untuk jalan.

#Irit bbm - Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi

Semakin lama memanaskan mesin motor injeksi, tentu konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dan boros. Karena memanaskan mesin motor injeksi tidak memerlukan waktu yang lama, maka sebaiknya jangan memanaskan mesin melebihi 1 menit, atau anda akan kehilangan bahan bakar sia-sia.

#Over heating - Berapa lama memanaskan mesin motor injeksi


Ketika anda memanaskan mesin, saya yakin dalam posisi motor berhenti. Itu artinya mesin tidak didinginkan dengan aliran udara, seperti yang kita ketahui pada motor umumnya pendinginan dilakukan dengan memanfaatkan aliran udara ketika motor bergerak. Kecuali bagi motor-motor yang sudah dilengkapi dengan radiator sebagai sistem pendinginannya. Jadi bagi motor yang belum dilengkapi dengan radiator, hindari memanaskan mesin dalam waktu yang lama.

Sumber: www.bisaotomitf.com

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Custom Search