Kapan Ban Mobil dan Motor Perlu Diganti?

Kapan Ban Mobil dan Motor Perlu Diganti? - Ban mobil terbuat dari karet, yang mana lama kelamaan akan mengalami keausan apabila terus digunakan. Dan keausan inilah yang memaksa anda untuk mengganti ban mobil anda. Selain terjadi keausan normal, masih terdapat beberapa penyebab lainnya yang mengharuskan anda untuk mengganti ban mobil anda. Lalu pada saat kondisi seperti apa ban mobil harus diganti? Berikut penjelasannya :

Kapan Ban Mobil dan Motor Perlu Diganti?
Kapan Ban Mobil dan Motor Perlu Diganti?


1. Ban aus
Pada umumnya ban akan mengalami keausan apabila terus digunakan, salah satu cara mengetahui tingkat keausan ban adalah dengan melihat Threat Whear Indicator (TWI). Apabila TWI ini sudah mulai terkikis, atau sejajar dengan thread maka ban sudah seharusnya dilakukan penggantian. Selebihnya tentang TWI dalam artikel berikut ini : Indikator keausan pada ban.

Begitu juga apabila ban ausnya tidak merata, apabila salah satu sisi sudah aus parah sedangkan sisi lainnya masih bagus maka ban tetap harus diganti. Keausan yang tidak merata ini bisa disebabkan oleh salahnya penyetelean wheel aligment, tekanan ban tidak standar, keausan/kerusakan komponen kemudi/suspensi dan lain sebagainya.


2. Ban meletus
Sepertinya kalau ban sudah meletus maka ban harus diganti, kalau bocor mungkin masih bisa digunakan lagi. Tetapi kalau sudah meletus biasanya ban luar akan sobek, dan tidak dapat digunakan lagi.

3. Terlalu banyak tambalan
Untuk jenis ban tubeless maka tambalan terletak pada ban luar, dan apabila semakin banyak tambalan maka dapat mengganggu kinerja. Disamping sudah tidak balance lagi, juga sangat berisiko apabila digunakan untuk perjalanan jauh. Jadi, apabila ban sudah terdapat banyak tambalan sebaiknya diganti.

4. Ban sobek, melembung
Apabila ban terisi dengan tekanan yang berlebihan dapat membuat ban melembung, dan pada akhirnya akan menyobekkan ban bagian luar. Ban yang seperti ini sebaiknya diganti agar risiko tidak semakin besar pada akhirnya nanti.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Custom Search