Tips Merawat Body Kendaraan Agar Tetap Mulus

5 Tips Merawat Body Kendaraan - Memiliki kendaraan impian tentu menjadi dambaan setiap orang dan pastinya akan dijaga dengan hati-hati agar jangan sampai rusak. Dari keseluruhan bagian kendaraan, ada satu bagian yang cukup rawan, yaitu body kendaraan. Pada bagian tersebut sangat mudah sekali untuk tergores, lecet, atau bahkan penyok. Hal itu sebenarnya cukup wajar karena body akan berhadapan langsung dengan kondisi lingkungan luar, seperti hujan, panas, serta debu. Nah agar body kendaraan tetap mulus, Anda harus tahu tips merawat body kendaraan.

5 Tips Menjaga Body Kendaraan Tetap Mulus 

5 Tips Merawat Body Kendaraan
5 Tips Merawat Body Kendaraan

1. Hindarkan kendaraan dari panas matahari atau hujan
Kendaraan yang secara langsung terpapar oleh terik matahari warnanya akan cepat pudar, hal itu karena sinar UV akan mendekonstruksi cat. Lapisan cat yang terdekonstruksi akan membuat warnanya jadi pudar, agak kekuningan, serta kusam. Air hujan juga dapat merusak body kendaraan, karena air hujan khususnya di daerah perkotaan bersifat asam akibat dari adanya senyawa HNO3. Sifat air hujan yang asam ini akan mengikis lapisan cat, dan bahkan dapat membuat body kendaraan karatan. Untuk mencegah kedua hal tersebut, sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan di tempat teduh atau menggunakan mantel kendaraan.

2. Laminating kendaraan dengan nano ceramic 
Cara merawat body kendaraan agar tetap kilap yaitu dengan dilapisi nano ceramic. Mobil yang dilaminating menggunakan nano ceramic warnanya tak akan cepat pudar. Nano ceramic merupakan formula sejenis kaca cair yang digunakan untuk melapisi body kendaraan. Tidak bisa dihindari memang setiap kendaraan pasti akan terpapar terik matahari ataupun guyuran air hujan, oleh karena itu ketika mobil sudah dilaminating Anda tidak perlu khawatir lagi.


3. Cuci kendaraan setiap minggu 
Kendaraan harus rajin dicuci setiap minggu untuk membersihkan debu, kotoran, atau bekas air hujan. Jangan remehkan debu, karena meskipun ukurannya kecil tapi ketika terakumulasi akan membuat kendaraan jadi kelihatan kotor. Selain itu kadang secara tidak sengaja kendaraan terkena kotoran burung, jika sampai hal itu terjadi maka kotoran harus segera dibersihkan. Kotoran yang dibiarkan akan menimbulkan bercak pada kendaraan. Ketika mencuci kendaraan jangan asal menggunakan deterjen untuk mencuci kendaraan, karena deterjen sifatnya panas. Sebaiknya gunakan shampoo khusus kendaraan, agar hasilnya lembih bersih dan cemerlang.

4. Jika ada goresan, segera beri kompon dan cairan pengkilap 
Goresan pada body kendaraan merupakan hal yang wajar akibat dari pemakaian, jika goresan hanya sedikit Anda bisa menyamarkan goresannya dengan kompon dan cairan pengkilap. Cara menyamarkan goresannya yaitu pada bagian yang tergores diamplas dulu menggunakan amplas halus dan air. Setelah itu, diberi kompon, lalu disemprot menggunakan cairan pengkilap. Namun jika goresan pada kendaraan cukup banyak atau bahkan sampai penyok maka Anda harus membawanya ke bengkel body repair. Cara merawat body kendaraan ini hanya efektif untuk menyamarkan goresan saja, bukan menghilangkan goresan.

5. Gunakan produk pemoles kendaraan 
Kendaraan agar terlihat mengkilap tidak mesti harus di cuci dulu, untuk perawatan harian Anda bisa menggunakan pemoles kendaraan. Pemoles kendaraan ini berfungsi untuk merawat warna, mengkilapkan, serta membuat warna lebih tahan lama. Produk pemoles ini sangat baik digunakan untuk perawatan harian, tetapi untuk hasil maksimal maka setiap minggunya kendaraan harus tetap dimandikan.

Demikianlah 5 tips yang bisa Anda coba untuk menjaga body kendaraan Anda tetap mulus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan kendaran Anda.
Sumber: www.bisaotomotif.com 

Comments