Thursday, March 16, 2017

Fungsi Air Bleeder Pada Karburator

Pada Karburator Fungsi Air Bleeder adalah untuk mengatomisasikan bahan bakar (dalam hal ini bensin) agar lebih mudah bercampur dengan udara. Bahan bakar akan bercampur dengan udara sebelum keluar dari main nozzle, setelah keluar dari main nozzle campuran udara dan bahan bakar ini masih dicampur lagi dengan udara, sehingga bentuk bahan bakar semakin kecil yang nantinya akan memudahkan dalam proses pembakaran.

Air Bleeder Pada Karburator
Air Bleeder Pada Karburator
Untuk letak air bleeder dapat anda lihat pada gambar di atas. Di bagian paling kanan ada ruang pelampung, kemudian ke kiri bagian bawah ada main jet. Ke atas ada air bleeder dan sampailah ke main nozzle.

Cara kerja air bleeder

Apabila tekanan yang di ruang pelampung lebih besar bila dibandingkan dengan tekanan pada main nozzle (tekanan di main nozzle akan turun ketika thrrottle valve dibuka yang membuat udara melewati ventury dengan  cepat), maka akan membuat udara dari air bleeder akan masuk dan akan bercampur dengan bahan bakar. Lihat gambar dibawah ini agar semakin paham :

Fungsi Air Bleeder Pada Karburator
Fungsi Air Bleeder Pada Karburator


Bercampurnya udara dan bahan bakar ini akan membuat bahan bakar menjadi bergelembung, yang secara tidak langsung juga membantu dalam memecah bahan bakar menjadi kecil kecil (atomisasi).

Campuran bahan bakar dan udara tersebut kemudian akan keluar melalui main nozzle, dan masih disemprot (bercampur) dengan udara sehingga ukuran bahan bakar semakin kecil lagi yang akan memudahkan proses pembakaran.

Sumbeer: www.bisaotomotif.com

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Custom Search