Cara Kerja Kopling Mobil

Sebelum membahas tentang cara kerja kopling pada suatu kendaraan atau mobil, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu komponen-komponen kopling beserta fungsinya, agar nantinya anda lebih mudah memahami cara kerja dari kopling yang akan kami jelaskan berikut ini.

Kopling terdiri dari beberapa komponen utama seperti clutch disc, plat penekean, mekanisme penggerak kopling dan masih banyak lagi. Cara kerja kopling dibagi menjadi dua yaitu ketika pedal kopling di injak dan ketika pedal kopling dilepaskan. Berikut penjelasannya :

Cara Kerja Kopling
Cara Kerja Kopling

1. Cara kerja kopling pada saat pedal kopling diinjak

Pada saat pedal kopling diinjak maka release fork (tuas pembebeas) akan menekan release beraring (bantalan pembebas) ke depan sekaligus menekan diafragma spring (pegas diafragma) sehingga pegas diafragma akan mengungkit pressure plate. Dengan demikian plat kopling akan terbebas dan putaran mesin tidak diteruskan ke transmisi.

2. Cara kerja kopling pada saat pedal kopling dilepas

Pada saat pedal kopling dilepaskan, maka release fork akan kembali ke posisi semula, dan bantalan pembebas (release bearing) tidak menekan diafragma spring seperti pada saat kopling diinjak. Hal ini mengakibatkan pressure plate kembali menekan plat kopling (clutch disc) dengan fly wheel. Sehingga putaran dari mesin akan diteruskan menuju transmisi.  .

Demikian artikel tentang cara kerja kopling pada mobil, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Sumber: BisaOtomotif.com

Comments