Apa Itu Mobil SUV dan MPV, bedanya apa?

Apa Itu Mobil SUV dan MPV, bedanya apa? - Dalam artikel-artikel otomotif bisanya disebutkan mobil mobil dengan sebutan-sebutan yang mungkin asing ditelinga kita seperti SUV atau MPV ada juga LCGC. Padahal sejak dulu biasanya mobil disebut dengan nama-nama seperti sedan, pick up, minibus dan masih banyak lagi. Seriring berjalannya waktu, pabrikan mobil menggunakan istilah-istilah dengan bahasa inggris yang disingkat seperti SUV, MPV ataupun mobil LCGC. Lalu apa arti ketiga singkatan tersebut? Nah biar jelas, kita perhatikan kepanjangan dari ketiga istilah tersebut dibawah ini :

SUV : Sport Utility Vehicle
MPV : Multi Purpose Vehicle
LCGC : Low Cost Green Car

Sudah mengerti kepanjangannya kan? Nah, selanjutnya kita bedah lagi agar lebih jelas dan tidak membingungkan perbedaan dari ketiga klasifikasi jenis mobil. Kita mulai dari yang pertama yaitu mobil SUV.

1. Apa itu mobil SUV

SUV merupakan kepanjangan dari Sport Utility Vehicle yang merupakan kendaraan yang tujuan dibuatnya adalah agar mampu melewati jalan-jalan yang susah, menantang atau untuk keperluan olahraga seperti off road atau olahraga petualang yang lainnya. Mobil ini dirancang lebih kuat dan gagah, pada mulanya dirancang dengan struktur body on frame atau dalam bahasa kita dapat diterjemahkan dengan bodi di atas chassis.

SUV biasanya juga mengaplikasikan 4wd atau Four Wheel Drive (empat penggerak roda). Artinya hasil tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan ke semua roda untuk menggerakkan kendaraan. Karena mobil ini harus kuat, maka konsumsi bbmnya pun juga lebih boros. Dan mobil SUV ini tidak mengutamakan kenyamanan penumpang seperti pada mobil MPV. Namun, masalah tenaga jangan diragukan lagi, biasanya mobil SUV juga memiliki kapasitas mesin yang besar. 

Tetapi kemudian pabrik-pabrik mobil berinovasi agar mobil SUV tidak hanya bisa tangguh, tetapi juga nyaman layaknya sedang. Sehingga produsen mobil membuat mobil SUV yang bisa digunakan untuk jalan-jalan Off road, namun tetap nyaman juga untuk berjalan-jalan di jalan kota. Contoh mobilnya adalah : Nissan X-Trail, Toyota Fortune, Mitsubishi Pajero Sport, dsb. Baca juga artikel ku yang kemarin saya buat : Nissan X-Trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman

2. Apa itu mobil MPV

Setelah membahas tentang SUV, lanjut kita membahas tentang MPV yang merupakan kepanjangan dari Multi Purpose Vehicle. MPV merupakan mobil yang dirancang untuk mobil keluarga, mengutamakan kenyamanan, dan memiliki bagasi yang lebih luas.

Mobil jenis MPV ini biasanya dapat menampung hingga 7 penumpang, dan apabila menginginkan bagasinya luas maka kursi dapat dilipat. Sebab inilah mobil ini dinamakan multi purpose (tujuannya banyak) atau memiliki banyak fungsi.

Contoh contoh mobil SUV antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Grand Livina, Terios, Toyota Rush, Ertiga dan lain sebagainya. 

Toyota Avanza
Toyota Avanza


3. Apa itu mobil LCGC 

LCGC merupakan kepanjangan dari Low Cost Green Car yang memiliki arti mobil dengan harga yang terjangkau namun ramah lingkungan. Biasanya mobil ini memiliki kapasitas mesin yang kecil, dan bentuk dari mobilnya pun kecil tidak seperti mobil-mobil MPV atau SUV. Mobil LCGC biasanya memiliki kapsitas penumpang 4-5 orang. Contoh dari mobilnya adalah Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Atoz, dsb.

sumber: www.bisaotomotif.com/

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Custom Search