NISSAN X-TRAIL, Mobil SUV Paling Tangguh Dan Nyaman

loading...
Nissan X-Trail, mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman merupakan salah satu jenis dari sport utility vehicle yang harganya terjangkau, desaign mewah dengan fitur-fitur mewah dan berkelas. Masalah tenaga jangan diragukan lagi yang pastinya kuat dan siap untuk anda gunakan di berbagai jenis medan. - Indonesi menjadi salah satu target strategis bagi para produsen mobil asal Jepang, Amerika maupun Eropa. Ketiga produsen tersebut bertarung untuk mendapatkan hati masyarakat Indonesia agar membeli mobil keluarannya. Namun, sepertinya mobil asal jepang masih merajai pasar otomotif di Indonesia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sampai bulan Oktober 2016 ini saja, penjulan mobil sudah mencapai 875 ribu kendaraan. Itu artinya diperkirakan sampai akhir tahun 2016 tercapai 1 juta kendaraan terjual di Indonesia. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) menjadi salah satu jenis mobil yang laku keras di pasar otomotif Indonesia. Di samping multi purpose vehicle, SUV (Sport Utility Vehicle) juga menjadi salah satu jenis mobil yang peminatnya banyak di Indonesia.

SUV merupakan kendaraan yang didesain agar mampu melewati berbagai medan, termasuk juga medan-medan berat seperti medan Off Road. Maka dari itu mobil SUV yang baik adalah mobil yang tangguh dan nyaman untuk digunakan dalam berbagai jenis medan jalan.

Di Indonesia sendiri kita dapat menemukan berbagai merk mobil yang termasuk ke dalam jenis mobil SUV seperti Nissan X-Trail, Toyota Fortuner, Pajero Sport dan masih banyak lagi. Mobil-mobil SUV tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Review NISSAN X-TRAIL, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman


Mobil SUV yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah Nissan X-Trail. Mobil yang mulai diproduksi sejak 2001 dan merupakan mobil SUV pertama keluaran Nissan ini sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Walaupun mobil ini baru resmi dipasarkan kurang lebih dua setengah tahun silam yaitu sekitar tahun 2014.

Namun, mobil yang nyaman ini langsung direspon baik oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak dengan tampilan yang mewah dan berkelas, ditambah lagi kemampuannya menembus berbagai jenis medan membuatnya dipilih sebagai mobil pribadi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Disamping itu juga kenyamanan yang didapat dari mobil ini, membuat mobil ini semakin dicintai.

NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN
NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

Apa sajakah yang membuat mobil ini tangguh dan nyaman? Mari kita ulas bersama sama di sini.

Eksterior Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh

Eksterior dari mobil Nissan X-Trail ini sungguh membuat rasa ingin memiliki mobil tersebut, bagaimana tidak, dari segi eksterior mobil ini terlihat mewah, elegant dan gagah. Seolah-olah siap untuk melewati di segala medan. Lekuk bodinya pun aerodinamis dan indah di setiap sisinya membuat mobil ini semakin menawan. Dari bodinya saja kita bisa menilai bahwa mobil ini memang pantas dijuluki mobil SUV yang paling tangguh.

Pada bagian depan mobil ini, Nissa menyematkan headlamp auto On/Off yang sudah berteknologi LED (Lighting Emiting Diode) Daytime Running Light yang desain barunya sungguh menawan dan modern membuatnya semakin terlihat gagah dan penerangan terhadap jalan pun semakin baik. Seperti halnya head lamp, lampu sein atau lampu tanda belok yang digunakan pun sudah LED dan terpasang rapi di bagian depannya. Selanjutnya, Nissan X-Trail juga menggunakan bumper khas SUV, ditambah lagi dengan Fog lamp yang akan menerangi jalan ketika melalui jalan yang berkabut tebal. Dengan adanya fog lamp ini tentunya akan membuat perjalanan anda semakin nyaman, walaupun kabut tebal berada di depan anda.

Eksterior Design Mobil Nissan X-Trail Tangguh

Setelah bagian depan lanjut ke bagian belakang dari mobil ini, Nissan X-Trail menggunakan lampu belakang yang melebar ke samping, sehingga mudah terlihat oleh pengemudi yang berada di belakangnya. Dengan desain lampu yang seperti itu, membuat tampilannya semakin sporty dan futuristik. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Nissan, mobil SUV tangguh ini terdapat 5 varian warna yang dapat anda pilih yaitu Diaomond Silver Metallic, Premium Bronze Metallic, Floral White, Phantom Black dan Smokey Grey. Anda tinggal pilih mana warna yang Anda sukai dan sesuai dengan jiwa Anda.  

Interior Design Mobil SUV Nissan X Trail

Kita masuk kebagian sisi dalam dari mobl yang sangat nyaman ini, Nissan X-Trail menggunakan desain yang mewah dan material yang berkualitas membuat penumpang merasa nyaman berada di dalamnya. Penumpang lebih leluasa bergerak karena kabinnya luas, dan dirancang senyaman mungkin untuk penumpang.

Dalam interior mobil SUV Nissan X-Trail ini terdapat beberapa fitur yang akan mengistimewakan pengendaranya. Apa sajakah fitur-fiturnya?

Yang pertama adalah A Smarter 2nd Row, dengan adanya fitur ini maka kursi baris ke dua yang memiliki format terpisah 60/40 dapat digeser ke depan. Sehingga akan memudahkan akses untuk masuk ke kursi bagian belakang, disamping itu juga untuk kenyamanan ruang kaki dan pengaturan ruang bagasi.

Interior Design Nissan X-Trail
Interior Design Nissan X-Trail

Hand Free (Touchless) Back Door System
Dibagian bagasi, Nissan X-Trail menggunakan pintu yang sudah memakai teknologi Hand Free (Touchless) Back Door System yang merupakan sistem yang akan membuat pintu bagasi membuka dengan sendirinya hanya dengan menekan tombol yang ada pada dashbor mobil, intelligent key atau dengan memberikan sentuhan kecil pada sensor di panel pintu bagasi. Wow, canggih bukan? Nissan X-Trail memang mobil SUV paling tangguh dan nyaman.

Car Features (Fitur Pada Mobil SUV Nissan X-Trail)

Dari tahun ke tahun fitur yang terdapat pada sebuah mobil terus mengalami kemajuan, termasuk pada mobil SUV tengguh yang satu ini. Terdapat berbagai macam fitur yang super canggih yang akan membantu anda dalam mengemudikan mobil, sehingga perjalanan anda semakin nyaman dan nikmat. Apa sajakah fitur-fiturnya? Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ada pada Nissan X-Trail Mobil SUV paling tangguh :

1. Arround View Monitor
All New Nissan X-Trail ini sudah dilengkapi dengan Arround View Monitor. Apa itu? Yaitu fitur yang akan membantu anda dalam mermarkirkan kendaaraan terutama di tempat yang sempit, bagaimana caranya yaitu  pada mobil ini dilengkapi dengan 4 buah kamera yang akan memantau keadaan sekitar secara 360 derajat dari atas. Hasil tangkapan kamera tersebut, akan ditampilkan dalam monitor yang ada pada dashbord dalam format bentuk split screen close up.

2. Push Engine Start Button
Fitur yang ada pada Nissan X-Trail yang mana pengemudi tidak memutar kunci seperti pada mobil-mobil terdahulu untuk menghidupkan mesin, dengan adanya sistem ini pengemudi hanya perlu menekan tombol untuk menghidupkan ataupun mematikan mesin.

3. Hand Free (Touchless) Back Door System 
Merupakan system yang akan memudahkan pengemudi dalam membuka pintu bagasi. Bagaimana carany? Sudah saya jelaskan di atas tadi. Ngomong-ngomong tentang bagasi, bagasi yang dimiliki mobil ini cukup luas dan memiliki beberapa keunggulan seperti sudah terpasang tonneau cover yang berguna untuk menutupi barang-barang dibawahnya.

4. Front Impact Airbags
Untuk menjamin keamanan penumpang, Nissan melengkapinya dengan Frong Impact Airbags, yaitu kantong udara yang akan mengembang ketika terjadi kecelakaan sehingga resiko parah akibat kecelakaan dapat diminimalisir.

5. Parking Technologies
Parking Technologies ini akan membantu anda memarkirkan kendaraan dengan aman dan terkendali, dibagian belakang mobil ini disematkan 4 buah kamera dan sensor parkir. Ketika kendaraan semakin dekat dengan suatu objek maka sensor ini akan bekerja, dan kamera yang ada akan mengirimkan gambar ke monitor yang ada pada dashbor mobil bagian depan.

Performance Mobil SUV Nissan X-Trail

Terdapat dua varian Nissan X-Trail bila dilihat dari segi mesin yang digunakan, yaitu 2.0 L dan 2.5 L, Dengan terdapat dua varian yang berbeda ini, tentunya konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan finansial. Karena tentunya keduanya memiliki perbedaan dalam hal power dan juga harga. 

Untuk varian yang 2.0 L, menggunakan mesin bertipe MR20DD dengan jumlah silinder 4 dan katup 16. Mekanisme katup yang digunakan adalah DOHC (Double Over Head Camshaft), kemudian Nissa juga mengandalkan teknologi Dual CVTCS. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari websitenya Nissan (https://www.nissan.co.id/) menyatakan bahwa mesin tersebut mampu menghasilkan power maksimum 144 PS per 6000 rpm. Terdapat dua varian pilihan transmisi, yaitu manual dengan 6 percepatan dan transmisi otomatis (CVT).

Belum tahu tentang DOHC, jika belum mengetahui Anda dapat membaca artikel yang sudah kami buat beberapa bulan silam : Mengenal apa itu OHV, SOHC dan DOHC.

Varian yang kedua adalah tipe 2.5 L yang mengandalkan mesin dengan kapasitas 2.488 cc yang bertipe QE25DE sama sama menggunakan mekanisme katup DOHC dengan jumlah 16 katup dan 4 silinder. Mobil yang menggunakan tipe ini juga tersedia dengan transmisi matic, yang mana transmisinya menggunakan teknologi Dual CVTS. Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini mampu menghasilkan power maksimal 171 PS per 6000 rpm.

Dengan teknologi mesin yang cukup mumpuni tersebut, tentu saja kedua varian mobil tangguh ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jiwa petualang. Ayo, berpetualang dengan Nissan X-Trail agar petualangan anda nyaman dan menyenangkan.

Suspensi dan Kaki-kaki Nissan X-Trail

Nissan X-Trail merupakan mobil SUV yang dirancang memberikan kenyaman bagi pengemudi dan penumpangnya, dengan kapasitas yang melebihi 5 orang tentunya mengharuskan mobil ini memiliki suspensi dan kaki-kaki yang cukup baik. Karena faktor kenyamanan sangat ditentukan oleh kualitas dari sistem suspensinya dan kaki-kainya.

Suspensi yang digunakan untuk bagian depan adalah tipe Independent MacPherson Strut yang sudah dilengkapi dengan stabilizer bar. Kemudian untuk bagian belakangnya menggunakan tipe Independent Multi-link with stabilizer bar.

Kedua dua-duanya sudah menggunakan suspensi bertipe independent, tidak diragukan lagi bahwa mobil SUV ini pantas mendapatkan prediket mobil paling nyaman. Terlebih lagi pada bagian depan maupun belakang juga sudah dilengkapi dengan stabilizer bar yang akan menstabilkan kendaraan ketika berbelok.

Dari suspensi kita beralih ke roda, untuk menyempurnakan kenyamanan Nissan X-Trail menggunakan roda dengan ukuran 225/65 R17. Sementara untuk sistem rem yang digunakan antara depan dan belakang sedikit berbeda, di bagian depan menggunakan Ventiaated Disc sedangkan yang belakang menggunakan tipe Disc yang sudah dilengkapi dengan ABS (Antilock Brake System), EBD dan juga BA. Nah, tidak hanya kenyamanan yang didapat, tetapi keamanan anda juga diperhatikan terbukti dengan pengaplikasian ABS, EBD dan BA pada sistem rem roda belakang mobil SUV tangguh ini.


Safety Security Nissan X-Trail

Keamanan atau safety menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, tentunya dengan fitur keamaan yang ada akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Karena apa? Karena faktor keamana menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Dalam Nissa X-Trail ini terdapat beberapa safety security yang standar seperti Air Bag, Anti-lock Braking System (ABS), Immobilizer dan masih banyak lagi. Nah, berikut adalaha safety security yang ada pada Nissa X -Trail 2.0 MT :


  • Variable Intermittent Windshield Wiper with Mist and Drip Wipe Function
  • Intermittent Rear Window Wiper with Reverse Interlock Function
  • Active Ride Control
  • Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  • Vehicle Dynamic Control
  • Hill Start Assist
  • Active Trace Control
  • Seat Belt - ELR 3 Point (x2) with Pretensioner & Load Limiter
  • ISOFIX Child Seat Anchor (for rear seat)
  • Dual SRS Airbag
  • Immobilizer + Vehicle Security Syste

Berapa Harga Mobil Nissan X-Trail?

Ngomong-ngomong tentang harga, tentunya harga sesuai dengan spesifikasi yang ada. Semakin baik spesifikasi dan fitur yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal. Terdapat 3 varian untuk mobil Nissan ini, varian dengan harga terendah adalah Nissan X-Trail 2.0L MT (Transmisi Manual) dengan harga Rp 400.900.000,00 untuk OTR Jabodetabek. Selanjutnya disusul Nissan X-Trail 2.0 L yang menggunakan transmisi otomatis (Dual CVTCS) dengan banderol Rp 425.600.000,00.

Lalu bagaimana dengan harga Nissan X-Trail untuk yang 2.5L. Terdapat 2 varian untuk 2.5 L, namun ketiganya sama-sama menggunakan transmisi tipe otomatis yang membedakan hanya design dan fitur-fitur yang ditawarkan. Ketiganya juga menghasilkan power yang sama besarnya.

1. Nissan X-Trail 2.5 L CVT dibanderol dengan harga Rp 457.800.000,00
2. Nissan X-Trail Xtremer dibanderol dengan harga Rp 472.900.000,00

Kemudian Nissan mengeluarkan mesin dengan teknologi Hybrid yang lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Harga untuk mobil SUV Nissan X-Trail Hybrid dibanderol dengan harga Rp 640.100.000,00

Lalu apa bedanya Nissan X-Trail dengan Nissan X-Trail Xtremer dan Nisaan X-Trail Hybrid, berikut adalah beberapa perbedaan yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam membeli mobil ini.

Mobil SUV Nissan X-Trail Xtremer

Dengan harga yang sedikit lebih lebih mahal apabila dibandingkan dengan tipe yang standar, tentunya Nissan X-Trail Xtremer ini menawarkan beberapa kelebihan, bila dilihat dari mesin dan transmisi yang digunakan ternyata keduanya tidak ada perbedaan yakni menggunakan mesin bertipe MR20DD dengan kapasitas mesin 2.488 cc. Transmisinya pun sama yaitu Dual CVTCS. Perbedaannya terletak pada design, aksesoris yang digunakan dan fitur-fitur yang lebih lengkap. 

Seperti yang dikutip dalam laman www.nissan.co.id, menyebutkan bahwa Nissan X-Trail Xtremer ini menghadirkan monitor head unit sebesar 10 inch yang tentunya akan membuat perjalanan anda semakin nyaman dan mengasyikkan. Kemudian, Nissan juga menyematkan finisher knalpot yang lebih sporty, tentu saja suara yang dihasilkan akan lebih nyaring dan sporty seakan siap untuk menjelajahi segala medan.

Fitur yang ditawarkan selanjutnya adalah new steering switch dan cruise control. Fitur ini terdapat dalam stir (roda kemudi) yang fungsinya adalah untuk mengatur volume audio dan teknologi cruise control. Semakin mudah bukan dalam mengatur volume audio? Lalui cruise control itu apa? Cruise control merupakan teknologi yang dapat memungkinkan kendaraan dapat melaju tanpa Anda menginjak pedal gas.

Mobil SUV Nissan X-Trail Hybrid

Dengan harga yang melebihi setengah milyar, tentunya mobil ini memiliki kecanggihan dan fitur yang lebih mumpuni dari saudara-saudaranya. Misal saja dari segi konsumsi bahan bakar, Nissan mengeklaim bahwa Nissan X-Trail tipe Hybrid ini konsumsi bahan bakarnya lebih irit 10 % dibandingkan dengan Nissan 2.0 L CVT (tipe standar). Penggunaan teknologi Intelligent Dual Clucth Control (Two-Clucth, One Motor System), Dual Clutch ini memisahkan kerja dari mesin dan motor. Sementara motor secara efisien berfungsi untuk menyediakan pacu sekaligus sebagai generator elektrik. Maksudnya adalah motor dalam sistem ini tidak hanya menggerakkan roda agar mobil berjalan, namun juga menghasilkan listrik dengan satu motor. Dengan tipe mesin MD20DD 2.0 L Hybrid Engine mobil ini mampu menghasilkan power 178.1 PS.

Kelebihan mobil SUV Nissan X-Trail Hybrid ini adalah iritnya penggunaan bahan bakar dan halusnya suara mesin. Sehingga kenyamanan yang didapat pun lebih baik dibanding dengan yang bertipe standar.

Dari segi eksteriornya terdapat beberapa perbedaan diantaranya adalah design fog lamp yang baru dan terlihat lebih elegant, new front bumper panel dan lain sebagainya. Kemudian untuk varian warna yang tersedia ada dua juga yaitu Brilliant With Pearl dan Diamond Back Pearl.

Harga yang saya sebutkan diatas saya kutip dari website resmi Nissan yaitu dengan url : https://www.nissan.co.id/vehicles/new/x-trail.html. Demikian review tentang Mobil Nissan X-Trail Mobil Paling Tangguh dan Nyaman. Ayo, bagi Anda yang sedang mencari-cari mobil atau berniat ingin membeli mobil yang tangguh dan nyaman Anda bisa membeli mobil Nissan X-Trail. Anda akan merasakan kenikmatan ketika mengendarainya, dan mobil tersebut siap menemani Anda kemanapun Anda mau.
loading...
Back To Top