Fast Idle Mechanism pada Karburator

Setelah pada kesempatan sebelumnya, bisaotomotif.com membahas tentang sistem percepatan dan sistem cuk akan kami lanjutkan dengan membahas sistem kerja karburator yang selanjutnya yaitu fast idle mechanism. Fast Idle Mechanism ini untuk menaikkan putaran atau rpm pada saat mesin temperaturnya masih rendah, dan katup cuk masih tertutup. Bagaimana cara kerja sistem yang satu ini? Perhatikan ulasan singkat berikut ini !!

Pada saat temperatur mesin masih rendah, biasanya putaran mesin tidak stabil (kasar) lebih parah lagi sering mati sendiri. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang masuk ke silinder tidak mencukupi, yang disebabkan karena bahan bakar penguapannya tidak maksimal dan bahan bakar menempel pada intake manifold.
Untuk mengatasinya dibuatlah sistem cuk yang akan memperkaya campuran hingga 1 : 1. 

Selain perlu ditambah pasokan bahan bakar, putaran mesin juga perlu dinaikkan. Dan yang menaikkan putaran mesin pada kondisi seperti ini adalah fast idle mechanism. Bagaimana cara kerja fast idle mechanism ini, berikut adalah penjelasannya :

Apabila mesin dihidupkan pertama kali (temperatur rendah) seperti pada pagi hari, dan katup cuk masih tertutup. Kemudian pengemudi menekan gas kemudian melepasnya, maka pada saat yang sama fast idle cam yang dihubungkan dengan katup cuk oleh rod (batang penghubung) akan berputar berlawanan arah dengan putaran jarum jam. 

Fast Idle Mechanism pada Karburator
Fast Idle Mechanism pada Karburator


Kemudian sejak fast idle cam follower yang bergerak bersama-sama dengan dengan throttle valve akan bersinggung dengan fast idle cam (lihat gambar dibawah ini) dan throttle valve terbuka sedikit.

Sumber: Bisaotomotif.com

Comments